Senin, 05 Maret 2012

TEORI ASAL USUL KEHIDUPAN


 TEORI ASAL USUL KEHIDUPAN
Atmosfer bumi yang asli, atmosfer primer, sebagian besar terdiri dari Helium dan Hidrogen, tetapi bumi terlalu kecil untuk sebuah planet untuk menahan gas yang ringan sehingga gas-gas tersebut mengapung di angkasa. Kemudian bumi mengakumulasi atmosfer primer yang mayoritas dibentuk dengan pembangkit gas vulkanik. Aktivitas vulkanik lebih besar daripada aktivitas panas bumi primitif. Sebagian besar gas vulkanik terdiri dari uap (95%) dan sisanya bervariasi dari CO2, SO2, H2S, HCL, B2O3, sulfur elemental, dan sejumlah kecil H2, CH4, SO3, NH3, dan HF tapi tidak ada O2,  dari kesemuanya, konsentrasi CO2 merupakan kedua tertinggi (4%). Selain itu uap air bereaksi dengan mineral primival seperi nitrid membentuk amonia, dengan karbida untuk membentuk metana, dan dengan sulfat membentuk hidrogen sulfit dan pada masa itu tidak ada oksigen bebas.
Atmosfer kita saat ini, atmosfer tersier, adalah asal atmosfer biologis. Metana, amonia, dan gas-gas lain telah terkonsumsi dan komponen-komponen gas mulia (nitrogen, sedikit argon, xenon, dll) sebagian besar tetap tidak berubah. sejumlah besar oksigen dihasilkan dari fotosintesis. Hal ini tidak bisa terjadi tanpa keterlibatan bakteri cyano, organisme asli fotosintesis, sekitar dua setengah miliar tahun lalu. Semakin banyaknya organisme fotosintesis yang terlibat, jumlah oksigen dalam atmosfer meningkat. Jumlah oksigen di dalam atmosfer mencapai satu persen sekitar delapan ratus juta tahun yang lalu dan sepuluh persen sekitar empat ratus tahun juta tahun yang lalu. Pada saat ini jumlah oksigen di atmosfer sekitar 20 %.
Bukti peningkatan jumlah O2 di dalam atmosfer sebagian datang dari penemuan batu dengan usia yang berbeda-beda dioksidasi ke tingkatan yang berbeda-beda. Jadi batu yang berusia 1.800-2.500 juta tahun yang lalu mengandung UO2, FeS, ZnS DAN PbS serta FeO, yang semuanya tidak stabil saat ada gas O2 meskipun dalam jumlah kecil. Batu-batu saat ini mayoritas mengandung Fe3+ daripada Fe2+; dan lebih banyak besi teroksidasi seperti U, Zn, dan Pb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar