Rabu, 29 Februari 2012

EVOLUSI MOLEKULER






EVOLUSI MOLEKULER







 

 
Evolusi molekuler (molecular evolution) pada dasarnya menjelaskan dinamika perubahan evolusi pada tingkat molekuler, bahasan pada evolusi molekuler ini meliputi perubahan materi genetik (urutan DNA atau RNA) dan produknya serta rata-rata dan pola perubahannya serta mengkaji pula sejarah evolusi organisme dan makromolekul yang didukung data-data molekuler (filogeni molekuler).
Studi tentang evolusi molekuler berakar pada dua disiplin ilmu yang berbeda yaitu “genetika populasi “ dan “ biologi molekuler “. Genetika populasi melengkapi tentang dasar teori untuk proses-proses evolusi, sementara biologi molekuler melengkapi tentang data empiric. Jadi untuk memahami evolusi molekuler tersebut sangat diperlukan pengetahuan dasar keduanya yaitu genetika populasi dan biologi molekuler praktis.


Riyanto, M.Pd lahir pada tanggal 02 April 1983 di Situbondo, Jawa Timur. Pendidikan S-1 jurusan pendidikan Biologi Univesitas Muhammadiyah Malang (UMM) tamat pada tahun 2007. Selama menjadi mahasiswa, penulis aktif di HMJ dan BEM berturut-turut pada tahun 2005 dan 2006. Pada tahun 2008 penulis melanjutkan pendidikan di program pasca sarjana jurusan pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang (UM) tamat pada tahun 2010. Karya tulis yang dihasilkan diantaranya:, Petunjuk Praktikum Teknik Analisis Biologi Molekuler (2009), Genetic Variation Of Local Buffalo (Bubalus Bubalis) Between Two Different Areas Based On Microsatelit (2010), Bahan Ajar Genetika Populasi (2010) Influence of  giving of Concentration Extract Seed Areca (Areca Chatecu) To Mortalitas Larva Mosquito of Aedes aegypti (2010) dan Bahan Ajar Ekologi Hewan (2011).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar